Monday, April 18, 2011

5 Cara Kurangi Peradangan

img
Ilustrasi (Foto: buzzle)
Jakarta, Mengurangi peradangan di dalam tubuh sangat penting karena merupakan kondisi yang dapat mengakibatkan kondisi medis serius seperti penyakit jantung dan gangguan autoimun. Bagaimana cara mengurangi peradangan?

Tangan, kaki, dan bagian tubuh lainnya menjadi merah, bengkak, panas dan menyakitkan adalah gejala-gejala terjadinya peradangan. Peradangan adalah kemampuan dari sistem kekebalan tubuh kita untuk merespon sebuah iritasi.

Misalnya, jika lutut cedera saat berolahraga, sistem kekebalan tubuh akan mengeluarkan protein, yang disebut protein C-reaktif, menuju ke daerah lutut yang cedera dan mengakibatkan rasa sakit, bengkak dan peradangan.

Peradangan sebenarnya adalah kondisi tubuh untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Namun, penelitian juga menunjukkan bahwa peradangan kronis dapat menjadi akar penyebab beberapa penyakit kronis seperti gangguan autoimun dan penyakit jantung koroner.

Oleh karena itu sangat penting untuk mengurangi peradangan sesegera mungkin. Seperti dilansir dari Ehow dan Buzzle, Jumat (30/4/2010), berikut 5 cara untuk mengurangi peradangan, yaitu:

1. Makan makanan yang kaya antioksidan

Antioksidan selain dapat meningkatkan sirkulasi dan percernaan, juga secara alami dapat mengurangi peradangan dalam tubuh.

Banyak kondisi atau penyakit seperti arthritis, gangguan pencernaan, katarak, tekanan darah tinggi, kanker, hipertensi, cacat lahir, dan sebagainya, dapat dihindari atau disembuhkan dengan makan makanan yang kaya antioksidan 5-9 kali sehari.

Contoh makanan yang kaya antioksidan adalah stoberi, blueberry, raspberry, blackberry, anggur, plum, ikan salmon, mackerel, brokoli, pepaya, melon, kacang-kacangan, merica, asparagus, ubi jalar, wortel, labu, aprikot, tomat, minyak zaitun, dan coklat.

2. Hindari makanan olahan
Makanan olahan adalah makanan yang sudah dikemas dalam bentuk kotak, kaleng atau yang siap saji.

Makanan olahan ini mengandung lemak jenuh, lemak trans, karbohidrat olahan dan pengawet yang dapat meningkatkan peradangan di seluruh tubuh.

3. Minum banyak air dan menghindari minuman manis
Air putih dapat membuat tubuh tetap terhidrasi dan membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, teh hijau juga merupakan sumber antioksidan yang baik, tapi hindari penggunaan gula pada minuman teh ini.

4. Latihan teratur

Berolahraga selama 30-60 menit 3 hingga 5 kali dalam seminggu akan membantu menurunkan berat badan secara alami, sehingga mengurangi jumlah tekanan pada sendi dan ligamen. Kurang tekanan berarti mengurangi peradangan dalam tubuh.

Selain itu, olahraga seperti jalan cepat, jogging, bersepeda atau berenang dapat membuat tubuh melepaskan senyawa yang disebut endorphins dalam aliran darah, yang akan membantu meredakan peradangan.

5. Kurangi stres

Stres menyebabkan pelepasan beberapa hormon stres di dalam tubuh, yang mengakibatkan peradangan. Ada beberapa cara untuk menghilangkan stres dan kecemasan, seperti aromaterapi, beribadah, pijat, dan lainnya, yang dapat digunakan untuk menenangkan jiwa.

Mengurangi stres berarti mengurangi peradangan. Selain itu, tidur nyenyak juga membantu mengurangi peradangan. Pastikan tubuh mendapatkan sekitar 7-9 jam tidur, sehingga dapat membatalkan semua respon peradangan tubuh

No comments:

Post a Comment