Sunday, April 17, 2011

Bakteri yang Bikin Langsing

img
(Foto: kcnxz)
Arizona, Bakteri baik di dalam tubuh tidak hanya menjaga keseimbangan. Bakteri baik yang meringankan gangguan diare pada sindrom iritasi usus (IBS) ternyata juga bisa melangsingkan tubuh.

Orang yang memiliki bakteri baik jenis ini yang hidup di dalam usus, maka tubuhnya memiliki kemampuan untuk mengolah energi dan mengubah lemak yang berasal dari perubahan makanan.

Sedangkan orang yang mengalami obesitas dan tidak sehat cenderung untuk memelihara mikroba yang dapat meningkatkan proses penyimpanan lemak. Inilah yang menjadi faktor penambahan berat badan berlebih mereka.

Tim peneliti dari Arizona State University Biodesign Institute, University of Arizona dan Mayo Clinic di Arizona menemukan bahwa setiap orang memiliki populasi mikroba usus yang berbeda-beda.

Bahkan setelah seseorang melakukan operasi bypass lambung cenderung memiliki mikroba yang mirip dengan orang berat badan normal. Temuan itu telah dilaporkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.

Hasil yang didapatkan ini masih sebatas tahap awal dan bisa menjadi salah satu petunjuk baru bagi dokter dan pasien untuk mengatasi pertumbuhan epidemi obesitas.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan organisme di dalam tubuh dapat memainkan setidaknya beberapa peran dalam hal mengurangi berat badan," ujar Dr John DiBaise, seorang gastroenterologis dari Mayo Clinic, seperti dikutip dari TIME, Kamis (1/4/2010).

Dr Dibaise mengatakan dengan penelitian ini memungkinkan memanipulasi mikroba pada penderita obesitas agar bisa memiliki berat badan normal. Mikroba ini juga berpotensi memprediksi kerentanan seseorang terhadap obesitas atau kelebihan berat badan.

"Tapi untuk menjadi langsing bukan berarti seseorang harus mengonsumsi yoghurt probiotik secara berlebihan. Karena strain dominan yang ada pada orang dengan berat badan normal tidak sama dengan strain mikroba yang ada di dalam yoghurt," ungkap Dr DiBaise.

Selain itu belum ada bukti yang menunjukkan produk probiotik tersebut dapat menurunkan berat badan. Sebuah studi ilmiah mendapatkan bahwa probiotik hanya dapat meringankan diare akibat antibiotik serta mengurangi risiko IBS.

Studi lebih banyak diperlukan untuk melihat apakah orang-orang yang menurunkan berat badannya melalui diet dan olahraga juga terjadi perubahan komposisi mikroba di ususnya seperti yang terjadi pada orang operasi bypass lambung.

No comments:

Post a Comment