Monday, April 18, 2011

Hati-hati Risiko Salah Resep Kacamata

img
(Foto: dailymail)
Bucks, Pengguna kacamata sebaiknya perhatikan dengan jelas apakah kacamata yang digunakan sudah sesuai dengan resepnya atau belum. Karena seorang gadis harus menderita sakit selama 2 tahun akibat kesalahan resep lensa kacamatanya.

Tayla Don yang berusia 7 tahun terpaksa harus menderita sakit kepala dan mual lebih dari 2 tahun setelah staf optik melakukan kesalahan dalam memasang lensa kacamata. Staf tersebut salah memasangkan lensa untuk mata kanan dan kirinya.

Awalnya, sang ibu Beverley (39 tahun) merasa khawatir dengan kondisi anaknya sehingga ia membawanya ke rumah sakit dimana Tayla selalu melakukan pemeriksaan rutin untuk matanya.

"Kami bertanya-tanya mengapa setelah menggunakan kacamata penglihatannya tidak menunjukkan adanya kemajuan dan sepertinya kacamata yang digunakan tidak banyak melakukan perubahan pada dirinya," ujar Beverley, seperti dikutip dari The Sun, Rabu (10/3/2010).

Beverley berharap kejadian tersebut tidak menyebabkan kerusakan yang permanen pada putri kecilnya.

Kacamata tersebut di beli pada bulan Juni 2008 dari toko optik lokal di Milton Keynes Bucks, Inggris. Sang ibu membawa kacamata tersebut kembali ke optik ketika Tayla menunjukkan gejala-gejala tersebut. Namun staf optik mengungkapkan bahwa sakit kepala dan perasaan pusing yang dialami adalah suatu reaksi normal dan akan segera berlalu.

Ternyata sakit kepala, pusing dan mual yang dialami oleh Tayla tidak juga berlalu. Kini Tayla telah diberi resep yang lebih cocok oleh dokter dan dilengkapi dengan spesifikasi yang baru.

"Dia mengatakan bahwa penglihatannya kini tidak lagi kabur, jadi kami menganggap bahwa kacamata yang sebelumnya digunakan telah membuat penglihatannya menjadi kabur," ujar sang ibu.

Seperti dikutip dari Allaboutvision, hingga kini memang tidak ada bukti klinis yang menunjukkan bahwa penggunaan resep lensa mata yang salah dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

Tapi kemungkinan ada konsekuensi yang timbul seperti sakit kepala, pusing, vertigo dan mual. Beberapa dari efek ini dapat menyebabkan situasi yang berbahaya jika orang tersebut mengemudi, berjalan atau termasuk orang yang sangat tergantung dengan kacamatanya.

Sebaiknya seseorang menggunakan kacamata atau lensa kontak yang sesuai dengan resep sebenarnya. Rasa pusing atau sakit kepala yang timbul normalnya hanya terjadi selama beberapa hari saja.

Jika sakit tersebut berlangsung lama, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah hal tersebut akibat pemakaian kacamata yang salah atau bukan.

No comments:

Post a Comment