Monday, April 18, 2011

Kentang Ungu yang Kaya Antioksidan

img
Kentang ungu (dok. BBC)
Colorado, Kentang dan sayuran lainnya merupakan sumber antioksidan yang banyak memberikan manfaat kesehatan. Peneliti dan petani kini sedang mengembangkan kentang ungu yang lebih sehat ketimbang kentang pada umumnya dan sudah siap dipasarkan.

Kentang ungu atau diberi nama Purple Majesty memiliki kedalaman warna yang khas dan mengandung antioksidan (disebut antosianin) lebih banyak hingga 10 kali lipat ketimbang kentang putih.

Kentang yang sudah mulai dipasarkan di supermarket-supermarket Inggris ini merupakan hasil pengembangan yang dilakukan peneliti dari Colorado State University.

Peneliti mengembangkan kentang ini dengan berbagai varietas tradisional selama 2 tahun. Dan meski penampilannya tidak biasa, tapi kentang ungu yang sekarang ditanam oleh produsen Albert Bartlett ini bukanlah hasil rekayasa genetika.

"Penelitian kami melihat khusus kentang Purple Majesty. Tidak seperti kentang putih, kentang ungu ini mengandung pigmen alami yang disebut antosianin," jelas Dr Catherine Tsang, salah satu peneliti, seperti dilansir dari BBC News, Rabu (6/10/2010).

Dr Tsang menjelaskan, pigmen antosianin memberikan warna ungu pada kentang. Tak hanya itu, antosianin ternyata juga merupakan antioksidan yang kuat dan beberapa studi menunjukkan bahwa antosianin memiliki efek positif pada pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah.

Sebagai salah satu sumber antioksidan, kentang relatif sangat digemari di seluruh dunia. Sayuran ini sebenarnya juga bebas lemak dan baik untuk kesehatan, meski berubah menjadi jahat saat disajikan dalam bentuk kentang goreng dan keripik.

Bagi manusia, antioksidan dari kentang bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kronis seperti kanker, diabetes dan gangguan syaraf. Senyawa tersebut juga dapat membantu menjaga kebugaran tubuh dan otak.

Pada kentang, kandungan antioksidan antara lain ditemukan dalam bentuk vitamin C. Dan menurut peneliti dari Obihiro University, Jepang, kandungan antioksidan yang lebih tinggi terdapat pada kentang yang dagingnya tidak pucat terutama yang berwarna ungu.

Kentang ungu awalnya berasal dari dataran tinggi Andes dan tersedia dengan ribuan varietas. Dengan banyaknya pengembangan yang dilakukan, kentang bisa berwarna merah dan ungu. Dan dari hasil percobaan, Purple Majestys bisa ditanam di Skotlandia.

No comments:

Post a Comment