Sunday, April 17, 2011

Perawatan Buah Pelir yang Bengkak

img
ilustrasi (Foto: kcnxz)
Jakarta, Testis atau zakar atau buah pelir laki-laki sering mengalami pembengkakan baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Pembengkakan ini bisa terjadi hanya di satu testis atau pada kedua testis dan menimbulkan rasa sakit.

Berbagai macam hal bisa menjadi penyebab pembengkakan testis ini, tapi seringkali pembengkakan testis disebabkan oleh akumulasi cairan yang tidak berbahaya. Namun beberapa penyebab lain juga tetap harus diwaspadai.

Seperti dikutip dati NewYork Times, Kamis (27/5/2010) ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan pembengkakan testis, yaitu:

  1. Cedera tertentu.
  2. Pembedahan di area sekitar alat kelamin.
  3. Hernia
  4. Pengaruh dari gagal jantung kongestif.
  5. Beberapa perawatan medis tertentu yang dapat mempengaruhi testis.
  6. Hydrocele, pembengkakan dalam skrotum yang disebabkan oleh penumpukan cairan di dalam kantung sekitar testis.
  7. Varicocele, varises pada pembuluh darah di dalam testis.
  8. Orchitis, peradangan di testis akibat infeksi kedua baik oleh virus atau bakteri.
  9. Testicular torsion, kondisi yang darurat serius karena testis terpelintir dan menyebabkan organ tersebut kehilangan asupan darah. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka bisa menyebabkan kematian jaringan dan kehilangan testis serta menimbulkan rasa yang sangat menyakitkan.

Untuk mengatasi pembengkakan testis bisa dilakukan perawatan di rumah, yaitu:

  1. Meletakkan kompres es ke buah pelir untuk waktu 24 jam pertama.
  2. Mandi duduk (hipbath) dengan menggunakan air dingin selama 10 menit setiap dua kali sehari. Bak mandi hendaknya diisi dengan air dingin, lalu pasien duduk di bak mandi dengan kedua kaki berada di luar.
  3. Jika sakit sangat parah, meletakkan handuk yag digulung di antara dua kaki tepat di bawah buah zakar untuk membantu meringankan nyeri dan mengurangi pembengkakan.
  4. Memakai celana yang longgar untuk kegiatan sehari-hari.
  5. Menghindari kegiatan yang berlebihan hingga pembengkakan tersebut hilang.

Jika pembengkakan tak juga berkurang, testis yang membengkak semakin terasa sakit atau timbul seperti gumpalan di testis, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter agar dapat didiagnosis dengan tepat.

No comments:

Post a Comment